Allah
ta’ala berfirman :
يَخَافُونَ رَبَّهُمْ مِنْ فَوْقِهِمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ
“Mereka
takut kepada Tuhan mereka yang di atas mereka dan melaksanakan apa yang
diperintahkan (kepada mereka)” [QS. An-Nahl : 50].
تَعْرُجُ
الْمَلائِكَةُ وَالرُّوحُ إِلَيْهِ فِي يَوْمٍ كَانَ مِقْدَارُهُ خَمْسِينَ أَلْفَ
سَنَةٍ
“Malaikat-malaikat
dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya lima puluh
ribu tahun” [QS. Al-Ma’aarij : 4].
Ayat
ini merupakan salah satu dalil yang bahwa Allah ta’ala berada di atas
makhluk-Nya secara hakiki. Dijelaskan lagi di ayat lain :
أَأَمِنْتُمْ
مَنْ فِي السَّمَاءِ أَنْ يَخْسِفَ بِكُمُ الأَرْضَ
“Apakah
kamu merasa aman terhadap Allah yang (berkuasa) di langit bahwa Dia akan
menjungkir balikkan bumi bersama kamu” [QS. Al-Mulk : 16].
Al-Baihaqiy
rahimahullah berkata tentang ayat ini :
وَقَدْ
ذَكَرْنَا أَنَّ مَعْنَاهُ: مَنْ فَوْقِ السَّمَاءِ عَلَى الْعَرْشِ، كَمَا قَالَ:
فَسِيحُوا فِي الأَرْضِ أَيْ: فَوْقَ الأَرْضِ،
“Dan
kami telah menyebutkan bahwa maknanya : Allah yang berada di atas langit di
atas ‘Arsy, sebagaimana firman-Nya : ‘Maka berjalanlah kamu (kaum musyrikin)
di muka bumi (fil-ardli)’ (QS. At-Taubah : 2), yaitu : fauqal-ardli (di
atas permukaan bumi)...” [Al-Asmaa’ wash-Shifaat oleh Al-Baihaqiy,
2/334, tahqiq : ‘Abdullah Al-Haasyidiy; Maktabah As-Suwaadiy].
Berikut
ini akan saya bawakan beberapa atsar dari para shahabat dan ulama
setelahnya yang menjelaskan ketinggian Allah di atas makhluk-Nya, dan Ia di
atas langit-langit-Nya lagi beristiwaa’ di atas ‘Arsy-Nya.
1. Zainab
bintu Jahsy radliyallaahu ‘anhaa
حَدَّثَنَا عَبْدُ بْنُ حُمَيْدٍ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ
الْفَضْلِ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ، عَنْ ثَابِتٍ، عَنْ أَنَسٍ، قَالَ:
نَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ فِي زَيْنَبَ بِنْتِ جَحْشٍ فَلَمَّا قَضَى زَيْدٌ
مِنْهَا وَطَرًا زَوَّجْنَاكَهَا قَالَ: فَكَانَتْ تَفْخَرُ عَلَى أَزْوَاجِ
النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَقُولُ: زَوَّجَكُنَّ أَهْلُكُنَّ،
وَزَوَّجَنِي اللَّهُ مِنْ فَوْقِ سَبْعِ سَمَاوَاتٍ ".قَالَ أَبُو عِيسَى:
هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ
Telah
menceritakan kepada kami ‘Abd bin Humaid : Telah menceritakan kepada kami
Muhammad bin Al-Fadhl : Telah menceritakan kepada kami Hammaad bin Zaid, dari
Tsaabit, dari Anas, ia berkata : “Ayat ini turun berkenaan dengan Zainab bintu
Jahsy : ‘Maka tatkala Zaid telah mengakhiri keperluannya terhadap istrinya
(menceraikannya), maka Kami nikahkan engkau dengannya’ (Al-Ahzab: 37)”.
Anas berkata : “Adalah Zainab membanggakan dirinya atas istri-istri Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam, ia berkata : ‘Yang menikahkan kamu (dengan Nabi) adalah
keluarga-keluargamu, sedangkan yang menikahkan aku adalah Allah yang berada di
atas tujuh langit” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 3213, dan ia berkata :
“Hadits hasan shahih”].
2. ‘Abdullah
bin Mas’uud radliyallaahu ‘anhu.
حَدَّثَنَا بَحْرُ بْنُ نَصْرِ بْنِ سَابِقٍ الْخَوْلانِيُّ، قَالَ:
ثنا أَسَدٌ، قَالَ: ثنا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ عَاصِمِ ابْنِ بَهْدَلَةَ،
عَنْ زِرِّ بْنِ حُبَيْشٍ، عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ: " مَا بَيْنَ
سَمَاءِ الدُّنْيَا وَالَّتِي تَلِيهَا مَسِيرَةَ خَمْسِ مِائَةِ عَامٍ، وَبَيْنَ
كُلِّ سَمَاءٍ مَسِيرَةَ خَمْسِ مِائَةِ عَامٍ، وَبَيْنَ السَّمَاءِ السَّابِعَةِ
وَبَيْنَ الْكُرْسِيِّ خَمْسِ مِائَةِ عَامٍ، وَالْعَرْشُ فَوْقَ السَّمَاءِ،
وَاللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى فَوْقَ الْعَرْشِ، وَهُوَ يَعْلَمُ مَا أَنْتُمْ
عَلَيْهِ "
Telah
menceritakan kepada kami Bahr bin Nashr bin Saabiq Al-Khaulaaniy, ia berkata :
Telah menceritakan kepada kami Asad, ia berkata : Telah menceritakan kepada
kami Hammaad bin Salamah, dari ‘Aashim bin Bahdalah, dari Zirr bin Hubaisy,
dari Ibnu Mas’uud, ia berkata : “Jarak antara langit dunia dan langit di
atasnya sejauh perjalanan selama 500 tahun. Jarak antara setiap langit dengan
langit lainnya sejauh perjalanan selama 500 tahun. Jarak antara langit ketujuh
dan kursi sejauh perjalanan selama 500 tahun. Dan ‘Arsy di atas langit, dan
Allah tabaaraka wa ta’ala berada di atas ‘Arsy. Ia mengetahui apa yang
kalian lakukan” [Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dalam At-Tauhiid, hal.
242-243, tahqiq : Dr. ‘Abdul-‘Aziiz Asy-Syahwaan; Daarur-Rusyd, Cet. 1/1408 H].
Sanadnya
hasan.
3. Adl-Dlahhaak
bin Muzaahim rahimahullah (w. 105/106 H).
حَدَّثَنِي
عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَبِي زِيَادٍ، قَالَ: ثني نضر بْنُ مَيْمُونٍ الْمَضْرُوبُ،
قَالَ: ثنا بُكَيْرُ بْنُ مَعْرُوفٍ، عَنْ مُقَاتِلِ بْنِ حَيَّانَ، عَنِ
الضَّحَّاكِ، فِي قَوْلِهِ: مَا يَكُونُ مِنْ نَجْوَى ثَلاثَةٍ إِلَى
قَوْلِهِ:هُوَ مَعَهُمْ. قَالَ: هُوَ فَوْقَ الْعَرْشِ، وَعِلْمُهُ مَعَهُمْ
أَيْنَ مَا كَانُوا ثُمَّ يُنَبِّئُهُمْ بِمَا عَمِلُوا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّ
اللَّهَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ
Telah
menceritakan kepadaku ‘Abdullah bin Abi Ziyaad, ia berkata : Telah menceritakan
kepadaku Nadlr bin Maimuun Al-Madlruub, ia berkata : Telah menceritakan kepada
kami Bukair bin Ma’ruuf, dari Muqaatil bin Hayyaan, dari Adl-Dlahhaak bin
Muzaahim tentang firman-Nya : ‘Tiada pembicaraan rahasia antara tiga orang’
hingga firman-Nya : ‘melainkan Dia berada bersama mereka’ (QS.
Al-Mujaadilah : 7). Ia (Adl-Dlahhaak) berkata : “Ia (Allah) berada di atas
‘Arsy, dan ilmu-Nya bersama mereka, di mana pun mereka berada. Kemudian Dia
akan memberitakan kepada mereka pada hari kiamat apa yang telah mereka
kerjakan. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu” [Diriwayatkan
oleh Ath-Thabariy dalam Jaami’ul-Bayaan, 23/237, tahqiq : Ahmad Muhammad
Syaakir; Muassasah Ar-Risaalah, Cet. 1/1420 H].
Catatan
: Penyebutan Nadlr bin Maimuun Al-Madlruub ini keliru. Yang benar adalah : Nuuh
bin Maimuun Al-Madlruub sebagaimana riwayat ‘Abdullah bin Ahmad dalam As-Sunnah
no. 592, Al-Baihaqiy dalam Al-Asmaa’ wash-Shifaat no. 909, dan
Al-Aajuriiy dalam Asy-Syarii’ah no. 388. Selain itu, ia lah perawi yang
meriwayatkan dari Bukair bin Ma’ruuf.
Nuuh
bin Maimuun seorang yang tsiqah.
Sanadnya
hasan.
4. Sulaimaan
At-Taimiy rahimahullah (w. 143 H).
أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ عُبَيْدٍ، قَالَ: أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ
بْنُ الْحُسَيْنِ، قَالَ: أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِي خَيْثَمَةَ، قَالَ:
حَدَّثَنَا هَارُونُ بْنُ مَعْرُوفٍ، قَالَ: ثَنَا ضَمْرَةُ، عَنْ صَدَقَةَ،
قَالَ: سَمِعْتُ التَّيْمِيَّ، يَقُولُ: لَوْ سُئِلْتُ: أَيْنَ اللَّهُ تَبَارَكَ
وَتَعَالَى؟ قُلْتُ: فِي السَّمَاءِ، فَإِنْ قَالَ: فَأَيْنَ عَرْشُهُ قَبْلَ أَنْ
يَخْلُقَ السَّمَاءَ؟ قُلْتُ: عَلَى الْمَاءِ، فَإِنْ قَالَ لِي: أَيْنَ كَانَ
عَرْشُهُ قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ الْمَاءَ ؟ قُلْتُ: لا أَدْرِي
Telah
mengkhabarkan kepada kami Ahmad bin ‘Ubaid, ia berkata : Telah mengkhabarkan
kepada kami Muhammad bin Al-Husain, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada
kami Ahmad bin Abi Khaitsamah, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami
Haaruun bin Ma’ruuf, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Dlamrah, dari
Shadaqah, ia berkata : Aku mendengar At-Taimiy berkata : “Seandainya aku
ditanya : ‘dimanakah Allah ?’, akan aku jawab : ‘Di langit’. Jika ia
kembali bertanya : ‘Lalu, dimanakah ‘Arsy-Nya sebelum ia menciptakan langit
?’. Aku akan menjawab : ‘Di atas air’. Dan jika ia bertanya lagi kepadaku
: ‘Dimanakah ‘Arsy-Nya dahulu sebelum Allah menciptakan air ?’. Aku akan
menjawab : ‘Aku tidak tahu” [Diriwayatkan oleh Al-Laalikaa’iy dalam Syarh
Ushuulil-I’tiqaad, hal. 401, tahqiq : Ahmad bin
Mas’uud Al-Hamdaan; Cet. 2/1411 H].
5. Maalik
bin Anas rahimahullah (w. 179 H).
حدثني أبي رحمه الله حدثنا سريج بن النعمان حدثنا عبدالله بن نافع
قال كان مالك بن أنس يقول الايمان قول وعمل ويقول كلم الله موسى وقال مالك الله في
السماء وعلمه في كل مكان لا يخلو منه شيء
Telah
menceritakan kepadaku ayahku rahimahullah : Telah menceritakan
kepada kami Suraij bin An-Nu’maan : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah
bin Naafi’, ia berkata : “Maalik bin Anas pernah berkata : ‘Iman itu adalah
perkataan dan perbuatan, Allah berbicara kepada Muusaa, Allah berada di
atas langit dan ilmu-Nya ada di setiap tempat – tidak ada sesuatupun yang
luput dari-Nya” [Diriwayatkan oleh ‘Abdullah bin Ahmad dalam As-Sunnah,
hal. 280 no. 532, tahqiq : Dr. Muhammad bin Sa’iid Al-Qahthaaniy; Daaru
‘Aalamil-Kutub, Cet. 4/1416 H. Diriwayatkan juga oleh Abu Daawud dalam Masaail-nya
hal. 263, Al-Aajuriiy dalam Asy-Syarii’ah, 2/67-68 no. 695-696,
Al-Laalikaa’iy dalam Syarh Ushuulil-I’tiqaad hal. 401 no. 673,
Ibnu ‘Abdil-Barr dalam At-Tamhiid 7/138, dan Ibnu Qudaamah
dalam Itsbaatu Shifaatil-‘Ulluw hal. 166 no. 76].
Sanadnya
shahih.
6. ‘Abdullah
bin Al-Mubaarak rahimahullah (w. 181 H).
حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ الصَّبَّاحِ الْبَزَّازُ، ثنا عَلِيُّ
بْنُ الْحَسَنِ بْنِ شَقِيقٍ، عَنِ ابْنِ الْمُبَارَكِ، قَالَ: قِيلَ لَهُ: كَيْفَ
نَعْرِفُ رَبَّنَا؟ قَالَ: " بِأَنَّهُ فَوْقَ السَّمَاءِ السَّابِعَةِ عَلَى
الْعَرْشِ، بَائِنٌ مِنْ خَلْقِهِ "
Telah
menceritakan kepada kami Al-Hasan bin Ash-Shabbaah Al-Bazzaaz : Telah
menceritakan kepada kami ‘Aliy bin Al-Hasan bin Syaqiiq, dari Ibnul-Mubaarak.
Syaqiiq berkata : Dikatakan kepadanya : “Bagaimana kita mengetahui Rabb kita
?”. Ia (Ibnul-Mubaarak) berkata : “Bahwasannya Allah berada di atas langit yang
ketujuh, di atas ‘Arsy, terpisah dari makhluk-Nya” [Diriwayatkan oleh Abu
Sa’iid Ad-Daarimiy dalam Ar-Radd ‘alal-Jahmiyyah, hal. 39-40 no. 67,
tahqiq : Badr Al-Badr; Ad-Daarus-Salafiyyah, Cet. 1/1405 H. Diriwayatkan juga
oleh Al-Bukhaariy dalam Khalqu Af’aalil-‘Ibaad 2/15 no. 13-14 dan
‘Abdullah bin Ahmad dalam As-Sunnah no. 22 & 216 dan Al-Baihaqiy
dalam Al-Asmaa’ wash-Shifaat no. 903].
Sanadnya
hasan.
7. Muhammad
bin Mush’ab Al-‘Aabid rahimahullah (w. 228 H).
حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ مَخْلَدٍ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عُمَرَ بْنِ
الْحَكَمِ أَبُو الْحَسَنِ بْنُ الْعَطَّارِ، قَالَ: سَمِعْتُ مُحَمَّدَ بنَ
مُصْعَبٍ الْعَابِدَ، يَقُولُ: " مَنْ زَعَمَ أَنَّكَ لا تَتَكَلَّمُ وَلا
تُرَى فِي الآخِرَةِ، فَهُوَ كَافِرٌ بِوَجْهِكَ، وَلا يَعْرِفُكَ، أَشْهَدُ
أَنَّكَ فَوْقَ الْعَرْشِ، فَوْقَ سَبْعِ سَمَوَاتٍ، لَيْسَ كَمَا يَقُولُ
أَعْدَاؤُكَ الزَّنَادِقَةُ "
Telah
menceritakan kepada kami Muhammad bin Makhlad : Telah menceritakan kepada kami
Muhammad bin Muhammad bin ‘Umar bin Al-Hakam Abul-Hasan bin Al-‘Aththaar, ia
berkata : Aku mendengar Muhammad bin Mush’ab Al-‘Aabid berkata : “Barangsiapa
yang menyangka bahwasannya Engkau tidak berbicara dan tidak dapat dilihat di
akhirat, maka ia kafir terhadap wajah-Mu dan tidak mengetahui-Mu. Aku bersaksi
bahwasannya Engkau berada di atas ‘Arsy, di atas tujuh langit. Tidak seperti
yang dikatakan musuh-musuh-Mu, yaitu Zanaadiqah” [Diriwayatkan oleh
Ad-Daaruquthniy dalam Ash-Shifaat, hal. 72-73 no. 64, tahqiq : Dr. ‘Aliy
bin Muhammad bin Naashir Al-Faqiihiy – dicetak bersama kitab An-Nuzuul
lid-Daaruquthniy; Cet. 1/1403 H. Diriwayatkan juga oleh ‘Abdullah bin Ahmad
dalam As-Sunnah no. 167, An-Najjaad dalam Ar-Radd ‘alaa Man Yaquulu
Al-Qur’aan Makhluuq no. 110, dan Al-Khathiib dalam At-Taariikh 4/452].
Sanadnya
shahih.
8. Qutaibah
bin Sa’iid rahimahullah (w. 240 H).
سَمِعْتُ
مُحَمَّدَ بْنَ إِسْحَاقَ الثَّقَفِيَّ، قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا رَجَاءٍ قُتَيْبَةَ
بْنَ سَعِيدٍ، قَالَ: " هَذَا قَوْلُ الأَئِمَّةِ الْمَأْخُوذِ فِي
الإِسْلامِ وَالسُّنَّةِ: الرِّضَا بِقَضَاءِ اللَّهِ، .........وَيَعْرِفَ
اللَّهَ فِي السَّمَاءِ السَّابِعَةِ عَلَى عَرْشِهِ كَمَا قَالَ: الرَّحْمَنُ
عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى لَهُ مَا فِي السَّمَوَاتِ وَمَا فِي الأَرْضِ وَمَا
بَيْنَهُمَا وَمَا تَحْتَ الثَّرَى
Aku
mendengar Muhammad bin Ishaaq Ats-Tsaqafiy, ia berkata : Aku mendengar Abu
Rajaa’ Qutaibah bin Sa’iid berkata : “Ini adalah perkataan para imam yang
diambil dalam Islam dan Sunnah : ‘Ridlaa terhadap ketetapan Allah…… dan
mengetahui Allah berada di langit yang tujuh, di atas ‘Arsy-Nya, sebagaimana
firman Allah : ‘Ar-Rahmaan di atas ‘Arsy beristiwa’. Kepunyaan-Nya-lah semua
yang ada di langit, semua yang di bumi, semua yang di antara keduanya dan semua
yang di bawah tanah’ (QS. Thaha : 5)…..” [Diriwayatkan oleh Abu Ahmad
Al-Haakim dalam Syi’aar Ashhaabil-Hadiits, hal. 30-34 no. 17, tahqiq :
As-Sayyid Shubhiy As-Saamiraa’iy; Daarul-Khulafaa’, Cet. Thn. 1404 H].
Sanadnya
shahih.
9. Ahmad
bin Hanbal rahimahullah (w. 241 H).
وهو
على العرش فوق السماء السابعة. فإن احتج مبتدع أو مخالف بقوله تعالى {وَنَحْنُ
أَقْرَبُ إِلَيهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيد} وبقوله عز وجل : {وَهُوَ مَعَكُمْ
أَيْنَمَا كُنْتُمْ} أو بقوله تعالى : {مَا يكُونُ مِنْ نَجْوى ثلاثة إلا هُوَ
رَابِعُهُمْ} ونحو هذا من متشابه القران
“Ia
(Allah) berada di atas ‘Arsy, di atas langit ketujuh. Sesungguhnya ahli bid’ah
atau orang yang menyimpang dari kebenaran berhujjah dengan firman-Nya : ‘Dan
Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya’ (QS. Qaaf : 16),
atau dengan firman-Nya : ‘Dan Ia (Allah) bersama kalian di mana saja kalian
berada’ (QS. Al-Hadiid : 4), atau dengan firman-Nya : ‘Tiada pembicaraan
rahasia antara tiga orang, melainkan Dia-lah yang keempatnya’ (QS.
Al-Mujaadilah : 7), dan yang lainnya dari ayat-ayat Al-Qur’an yang mutasyaabih”
[As-Sunnah oleh Ahmad bin Hanbal melalui kitab Al-Masaail war-Rasaail
Al-Marwiyyatu ‘anil-Imaam Ahmad fil-‘Aqiidah oleh ‘Abdullah Al-Ahmadiy,
1/318-319; Daaruth-Thayyibah, Cet. 1/1412 H].
Catatan
: Penjelasan Al-Imaam Ahmad itu menggugurkan klaim kelompok Asyaa’irah yang
mengklaim bahwa lafadh Allaahu ‘alal-‘Arsy atau yang semisalnya itu
sifatnya mutasyaabih. Justru mafhum yang terambil dari perkataan
beliau, lafadh itu adalah muhkam (jelas); dan yang samar (mutasyaabih)
adalah lafadh nash-nash yang menyatakan bahwa Allah ta’ala bersama
hamba-Nya.[1]
As-Sijziy
rahimahullah menukil :
ونص
أحمد بن حنبل رحمة الله عليه على أن الله تعالى بذاته فوق العرش، وعلمه بكل مكان
“Dan
Ahmad – semoga Allah melimpahkan rahmat kepadanya – mengatakan bahwa Allah ta’ala
di atas ‘Arsy dengan Dzat-Nya, sedangkan ilmu-Nya ada di setiap tempat” [Risaalah
As-Sijziy ilaa Ahli Zubaid, hal. 125, tahqiq : Muhammad ba-Kariim;
Daarur-Raayah, Cet. 1/1414 H].
10. Al-Muzaanniy
rahimahullah (w. 264 H).
[عال] على عرشه،
وهو دان بعلمه من خلقه، أحاط علمه بالأمور، ....
“Tinggi
di atas ‘Arsy-Nya, Ia (Allah) dekat pada hamba-Nya dengan ilmu-Nya. Ilmu-Nya
meliputi segala sesuatu....” [Syarhus-Sunnah lil-Muzanniy, hal. 79 no.
1, tahqiq : Jamaal ‘Azzuun].
عال
على عرشه، بائن من خلقه، موجود وليس بمعدوم ولا بمفقود
“Tinggi
di atas ‘Arsy-Nya, terpisah dengan makhluk-Nya. Allah itu ada, bukannya tidak
ada dan hilang” [idem, hal. 82].
11. Abu
‘Iisaa At-Tirmidziy rahimahullah (w. 279 H).
وعلمُ
الله وقدرته وسلطانه في كل مكان، وهو على العرش كما وصف في كتابه
“Dan
ilmu Allah, kemampuan, dan kekuasaan-Nya ada di setiap tempat. Adapun Allah ada
di atas ‘Arsy sebagaimana yang Ia sifatkan dalam kitab-Nya” [Al-Jaami’
lit-Tirmidziy 5/403-404 melalui perantaraan kitab ‘Aqiidah Ahlis-Sunnah
wal-Jamaa’ah lil-Imaam At-Tirmidziy oleh Abu Mu’aadz Thaariq bin
‘Iwadlillah, hal. 95; Daarul-Wathan, Cet. 1/1421 H].
12. Abu
Zur’ah (w. 264 H) dan Abu Haatim Ar-Raaziy (w. 277 H) rahimahumallah.
أَخْبَرَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ الْمُظَفَّرِ الْمُقْرِئُ، قَالَ: حَدَّثَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ
مُحَمَّدِ بْنِ حَبَشٍ الْمُقْرِئُ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو مُحَمَّدٍ عَبْدُ
الرَّحْمَنِ بْنُ أَبِي حَاتِمٍ، قَالَ: سَأَلْتُ أَبِي وَأَبَا زُرْعَةَ عَنْ
مَذَاهِبِ أَهْلِ السُّنَّةِ فِي أُصُولِ الدِّينِ، وَمَا أَدْرَكَا عَلَيْهِ
الْعُلَمَاءَ فِي جَمِيعِ الأَمْصَارِ، وَمَا يَعْتَقِدَانِ مِنْ ذَلِكَ، فَقَالا:
أَدْرَكْنَا الْعُلَمَاءَ فِي جَمِيعِ الأَمْصَارِ حِجَازًا وَعِرَاقًا وَشَامًا
وَيَمَنًا فَكَانَ مِنْ مَذْهَبِهِمُ: " الإِيمَانُ قَوْلٌ وَعَمَلٌ، يَزِيدُ
وَيَنْقُصُ، ......وَأَنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ عَلَى عَرْشِهِ بَائِنٌ مِنْ
خَلْقِهِ كَمَا وَصَفَ نَفْسَهُ فِي كِتَابِهِ، وَعَلَى لِسَانِ رَسُولِهِ K بِلا
كَيْفٍ، أَحَاطَ بِكُلِّ شَيْءٍ عِلْمًا، لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ وَهُوَ
السَّمِيعُ الْبَصِيرُ.
Telah mengkhabarkan kepada
kami Muhammad bin Al-Mudhaffar Al-Muqriy, ia berkata : Telah menceritakan
kepada kami Al-Husain bin Muhammad bin Habsy Al-Muqriy, ia berkata : Telah
menceritakan kepada kami Abu Muhammad ‘Abdurrahmaan bin
Abi Haatim, ia berkata : ”Aku pernah bertanya
kepada ayahku dan Abu Zur’ah tentang madzhab Ahlus-Sunnah dalam ushuuluddiin (pokok-pokok agama) dan apa
yang mereka temui dari para ulama di seluruh pelosok negeri dan yang mereka
berdua yakini tentang hal itu, maka mereka berdua berkata : ”Kami telah
bertemu dengan para ulama di seluruh pelosok negeri, baik di Hijaz, ’Iraq,
Mesir, Syaam, dan Yaman, maka yang termasuk madzhab mereka adalah : ”Iman adalah
perkataan dan perbuatan, dapat bertambah maupun berkurang........ dan bahwasannya Allah ’azza wa jalla berada
di atas ’Arsy-Nya, terpisah dari makhluk-Nya sebagaimana yang Ia sifatkan
diri-Nya dalam Kitab-Nya dan melalui lisan Rasul-Nya shallallaahu ’alaihi wa
sallam, tanpa menanyakan ’bagaimana’, ilmu-Nya meliputi segala sesuatu.
Allah berfirman : ’Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan-Nya, dan Dia
Maha Mendengar lagi Maha Melihat” [Diriwayatkan oleh Al-Laalikaa’iy dalam Syarh
Ushuulil-I’tiqaad, 1/176, tahqiq : Ahmad bin Sa’d Hamdaan; Cet. 2/1411 H].
Shahih.
13. ‘Utsmaan
bin Sa’iid Ad-Daarimiy rahimahullah (w. 280 H).
فَاللَّهُ
تَبَارَكَ وَتَعَالَى فَوْقَ عَرْشِهِ، فَوْقَ سَمَوَاتِهِ، بَائِنٌ مِنْ
خَلْقِهِ، فَمَنْ لَمْ يَعْرِفْهُ بِذَلِكَ لَمْ يَعْرِفْ إِلَهَهُ الَّذِي
يَعْبُدُ
“Allah
tabaraka wa ta’ala berada di atas ‘Arsy-Nya, di atas langit-langit-Nya,
terpisah dari makhluk-Nya. Barangsiapa yang tidak mengetahui hal itu, maka itu
berarti ia tidak mengetahui tuhan yang ia sembah/ibadahi” [Ar-Radd
‘alal-Jahmiyyah oleh ‘Utsmaan bin Sa’iid Ad-Daarimiy, hal. 39 no. 66].
14. Muhammad
bin ‘Utsmaan bin Abi Syaibah rahimahullah (w. 297 H).
فهو
فوق السماوات وفوق العرش بذاته متخلصا من خلقه بائنا منهم، علمه في خلقه لا
يخرجون من علمه
“Allah
berada di atas langit-langit dan di atas ‘Arsy dengan Dzat-Nya, terlepas dari
makhluk-Nya lagi terpisah darinya. Adapun ilmu-Nya pada makhluk-Nya, mereka
(makhluk-Nya) tidak terlepas dari ilmu-Nya” [Al-‘Arsy oleh Muhammad bin
‘Utsmaan bin Abi Syaibah, hal. 291-292, tahqiq : Dr. Muhammad bin Khaliifah
At-Tamiimiy; Maktabah Ar-Rusyd, Cet. 1/1418 H].
15. Ibnu
Khuzaimah rahimahullah (w. 311 H).
سَمِعْتُ
مُحَمَّدَ بْنَ صَالِحِ بْنِ هَانِئٍ، يَقُولُ: سَمِعْتُ أَبَا بَكْرٍ مُحَمَّدَ
بْنَ إِسْحَاقَ بْنِ خُزَيْمَةَ، يَقُولُ: مَنْ لَمْ يُقِرَّ بِأَنَّ اللَّهَ
تَعَالَى عَلَى عَرْشِهِ قَدِ اسْتَوَى فَوْقَ سَبْعِ سَمَاوَاتِهِ، فَهُوَ
كَافِرٌ بِرَبِّهِ يُسْتَتَابُ، فَإِنْ تَابَ، وَإِلا ضُرِبَتْ عُنُقُهُ
Aku
mendengar Muhammad bin Shaalih bin Haani’ berkata : Aku mendengar Abu Bakr
Muhammad bin Ishaaq bin Khuzaimah berkata : “Barangsiapa yang tidak mengatakan
bahwasannya Allah ta’ala beristiwa’ di atas ‘Arsy, di atas
tujuh lagit, maka ia telah kafir terhadap Rabbnya. Ia diminta untuk bertaubat.
Jika mau bertaubat, maka diterima, jika tidak, dipenggal lehernya”
[Diriwayatkan oleh Abu ‘Abdillah Al-Haakim dalam Ma’rifatu ‘Uluumil-Hadiits hal.
84; Daarul-Afaaq].
Sanadnya
shahih.
16. Abul-Hasan
Al-Asy’ariy rahimahullah (w. 324 H).
وأجمعوا
. . أنه فوق سماواته على عرشه دون أرضه ، وقد دل على ذلك بقوله : {أأمنتم من
في السماء أن يخسف بكم الأرض}، وقال : {إليه يصعد الكلم الطيب والعمل الصالح
يرفعه}. وقال : {الرحمن على العرش استوى}، وليس استواءه على العرش استيلاء كما قال
أهل القدر، لأنه عز وجل لم يزل مستوليا على كل شيء
“Dan
mereka (para ulama Ahlus-Sunnah) bersepakat..... bahwasannya Allah berada di
atas langit-langit-Nya, di atas ‘Arsy-Nya, bukan di bumi-Nya. Dan hal itu
ditunjukkan melalui firman-Nya : ‘Apakah kamu
merasa aman terhadap Allah yang di langit bahwa Dia akan menjungkir balikkan bumi
bersama kamu’ (QS. Al-Mulk : 16). Dan
Allah berfirman : ‘Kepada-Nya lah naik perkataan-perkataan yang baik dan
amal yang saleh dinaikkan-Nya’ (QS. Faathir : 10). Allah berfirman : ‘(Yaitu)
Tuhan Yang Maha Pemurah, Yang ber-istiwaa’ di atas 'Arsy’ (QS. Thaha : 5).
Dan bukanlah yang dimaksud istiwaa’-nya Allah di atas ‘Arsy itu adalah istilaa’
(menguasai) sebagaimana yang dikatakan oleh orang-orang Qadariyyah. Karena
Allah ‘azza wa jalla senantiasa berkuasa atas segala sesuatu” [Risaalatun
ilaa Ahlits-Tsaghr oleh Abul-Hasan Al-Asy’ariy, hal. 231-234, tahqiq :
‘Abdullah bin Syaakir Al-Junaidiy; Maktabah Al-‘Uluum wal-Hikam, Cet. 2/1422
H].
17. Abu
Bakr Muhammad bin Al-Husain Al-Aajurriy rahimahullah (w. 360 H).
أن
الله عز وجل على عرشه فوق سبع سمواته، وعلمه محيط بكل شيء، لا يخفى عليه شيء في
الأرض ولا في السماء
“Bahwasannya
Allah ‘azza wa jalla berada di atas ‘Arsy-Nya, di atas tujuh
langit-langit-Nya. Dan ilmu-Nya meliputi segala sesuatu, tidak ada sesuatu pun
dibumi dan di langit yang tersembunyi darinya” [Asy-Syarii’ah oleh Abu
Bakr Al-Aajurriy, 2/70, tahqiq : Al-Waliid bin Muhammad; Muassasah Qurthubah,
Cet. 1/1417 H].
18. Ibnu
Abi Zaid Al-Qairuwaaniy rahimahullah (w. 386 H).
وأنه
تعالى فوق عرشه المجيدِ بذاته ، وأنه في كل مكان بعلمه
“Allah
ta’ala berada di atas ‘Arsy-Nya yang mulia dengan Dzat-Nya, dan
bahwasannya Ia berada di setiap tempat dengan ilmu-Nya” [Risaalah Ibni Abi
Zaid Al-Qairuwaaniy yang termuat dalam kitab ‘Aqaaidu Aimmatis-Salaf
oleh Fawwaaz Ahmad Zamarliy, hal. 163; Daarul-Kitaab Al-‘Arabiy, Cet. 1/1415
H].
وأنه
فوق سماواته على عرشه دون أرضه، وأنه في كل مكان بعلمه
“Dan
Allah berada di atas langit-langit-Nya, di atas ‘Arsy-Nya, bukan di bumi-Nya.
Dan bahwasannya ia ada di setiap tempat dengan ilmu-Nya” [Al-Jaami’ hal.
141 melalui perantaraan Masaailul-‘Aqiidah Allatii Qarrarahaa
Aimmatul-Maalikiyyah oleh Abu ‘Abdillah Al-Hammaadiy, hal. 199;
Ad-Daarul-Atsariyyah, Cet. 1/1429 H].
19. Abu
‘Abdillah Muhammad bin Ishaaq bin Mandah rahimahullah (w. 395 H).
بيان
اخر يدل على أن الله تعالى فوق عرشه بائنا عن خلقه
“Penjelasan
lain yang menunjukkan bahwa Allah ta’ala di atas ‘Arsy-Nya, terpisah
dari makhluk-Nya” [At-Tauhiid oleh Ibnu Mandah, hal. 666, tahqiq :
Muhammad Al-Wuhaibiy & Muusaa bin ‘Abdil-‘Aziiz Al-Ghushn; Daarul-Hadyin-Nabiy,
Cet. 1/1428 H].
ذكر
الايات المتلوة والأخبار المأثورة بنقل الرواة المقبولة التي تدل على أن الله
تعالى فوق سمواته وعرشه وخلقه قاهرا سميعا عليما
“Penyebutan
ayat-ayat dan khabar-khabar ma’tsuur dengan penukilan dari para perawi
yang diterima, yang menunjukkan bahwa Allah ta’ala berada di atas
langit-langit-Nya, ‘Arsy-Nya, dan makhluk-Nya; berkuasa, Maha Mendengar, lagi
Maha Mengetahui” [At-Tauhiid oleh Ibnu Mandah, hal. 761].
20. Ibnu
Abi Zamaniin rahimahullah (w. 399 H).
وَهَذَا
الْحَدِيثُ بَيَّنَ أَنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ عَلَى عَرْشِهِ فِي السَّمَاءِ
دُونَ الأَرْضِ، وَهُوَ أَيْضًا بَيِّنٌ فِي كِتَابِ اللَّهِ، وَفِي غَيْرِ مَا
حَدِيثٍ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ
“Hadits
ini menjelaskan bahwa Allah ‘azza wa jalla di atas ‘Arsy-Nya di langit,
bukan di bumi. Dan hadits itu juga dijelaskan dalam Kitabullah dan
hadits lain dari Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam” [Ushuulus-Sunnah
oleh Ibnu Abi Zamaniin, hal. 113, tahqiq : ‘Abdullah Al-Bukhaariy; Maktabah
Al-Ghurabaa’ Al-Atsariyyah, Cet. 1/1415 H].
21. Abul-Qaasim
Hibatullah bin Al-Hasan Al-Laalikaa’iy rahimahullah (w. 418 H).
سِيَاقُ
مَا رُوِيَ فِي قَوْلِهِ تَعَالَى الرَّحْمَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى وَأَنَّ
اللَّه عَلَى عرشه فِي السماء وقال عَزَّ وَجَلَّ: إِلَيْهِ يَصْعَدُ الْكَلِمُ
الطَّيِّبُ وَالْعَمَلُ الصَّالِحُ يَرْفَعُهُ. وقال: أَأَمِنْتُمْ مَنْ فِي
السَّمَاءِ أَنْ يَخْسِفَ بِكُمُ الأَرْضَ. وقال تعالى: وَهُوَ الْقَاهِرُ فَوْقَ
عِبَادِهِ وَيُرْسِلُ عَلَيْكُمْ حَفَظَةً. فدلت هذه الآية أَنَّهُ تعالى فِي
السماء، وعلمه محيط بكل مكان مِن أرضه وسمائه
“Pembicaraan
tentang apa-apa yang diriwayatkan dalam firman-Nya ta’ala : ‘(Yaitu) Tuhan Yang Maha Pemurah, Yang bersemayam di atas
'Arsy’ (QS. Thaha : 5). Dan bahwasannya
Allah berada di atas ‘Arsy-Nya di langit. Allah ‘azza wa jalla berfirman
: ‘Kepada-Nya lah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang saleh
dinaikkan-Nya’ (QS. Faathir : 10). Dan firman-Nya ta’ala : ‘Apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang di langit bahwa
Dia akan menjungkir balikkan bumi bersama kamu’ (QS. Al-Mulk : 16). Dan firman-Nya ta’ala : ‘Dan
Dialah yang mempunyai kekuasaan tertinggi di atas semua hamba-Nya, dan
diutus-Nya kepadamu malaikat-malaikat penjaga’ (QS. Al-An’aam : 61). Ayat-ayat
ini menunjukkan bahwasannya Allah ta’ala berada di langit dan ilmu-Nya
meliputi seluruh tempat di bumi-Nya dan langit-Nya” [Syarh Ushuulil-I’tiqaad
oleh Al-Laalikaa’iy, hal. 387-388].
22. Abun-Nashr
As-Sijziy Al-Hanafiy rahimahullah (w. 444 H).
واعتقاد
أهل الحق أن الله سبحانه فوق العرش بذاته من غير مماسة
“Dan
orang-orang yang menetapi kebenaran berkeyakinan bahwasannya Allah subhaanahu
wa ta’ala di atas ‘Arsy dengan Dzaat-Nya tanpa bersentuhan” [Risaalah
As-Sijziy ilaa Ahli Zubaid, hal. 126-127].
23. Abu
‘Amru Ad-Daaniy rahimahullah (w. 444 H).
ومن
قولهم : أنه سبحانه فوق سماواته، مستو على عرشه، ومستول على جميع خلقه، وبائن منهم
بذاته، غير بائن بعلمه
“Dan
termasuk di antara perkataan mereka : Bahwasannya Allah subhaanahu wa ta’ala
di atas langit-langit-Nya, beristiwaa’ di atas ‘Arsy-Nya, berkuasa atas
segala makhluknya. Ia terpisah dari mereka dengan Dzaat-Nya, namun tidak
terpisah dengan ilmu-Nya” [Ar-Risaalah Al-Waafiyah hal. 52 melalui
perantaraan Masaailul-‘Aqiidah Allatii Qarrarahaa Aimmatul-Maalikiyyah,
hal. 194].
24. Abu
‘Utsmaan Ash-Shaabuuniy rahimahullah (w. 449 H).
ويعتقد
أصحاب الحديث ويشهدون أن الله سبحانه وتعالى فوق سبع سمواته على عرشه مستوٍ، كما
نطق به كتابه في قوله عز وجل في سورة يونس: إِنَّ رَبَّكُمُ اللّهُ الَّذِي خَلَقَ
السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى
الْعَرْشِ)...
“Para
ahli hadits berkeyakinan dan bersaksi bahwasannya Allah subhaanahu wa
ta’ala berada di atas tujuh langit, di atas ‘Arsy-Nya sebagaimana
tertuang dalam Kitab-Nya dalam surat Yuunus : ‘Sesungguhnya Tuhan kamu ialah
Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam
di atas Arasy untuk mengatur segala urusan’ (QS. Yuunus : 3)…” [‘Aqiidatus-Salaf
wa Ashhaabil-Hadiits, hal. 44, tahqiq : Abul-Yamiin Al-Manshuuriy;
Daarul-Minhaaj, Cet. 1/1423 H].
25. Ibnu
‘Abdil-Barr rahimahullah (w. 463 H).
وفيه
دليل على أن الله - عز وجل - في السماء على العرش من فوق سبع سموات، كما قالت
الجماعة، وهو من حججهم على المعتزلة والجهمية، في قولهم إن الله - عز وجل - في كل
مكان، وليس على العرش، والدليل على صحة ما قالوه أهل الحق في ذلك قول الله - عز
وجل - {الرحمن على العرش استوى}...وقوله {إليه يصعد الكلم الطيب}... وقال جل ذكره
{سبح اسم ربك الأعلى} وهذا من العلو...
“Padanya
terdapat dalil bahwasannya Allah ‘azza wa jallaa berada di langit di
atas ‘Arsy, dari atas tujuh langit sebagaimana yang dikatakan oleh Ahlus-Sunnah
wal-Jama’ah. Dan hadits tersebut (yaitu hadits nuzuul –
Abul-Jauzaa’) merupakan hujjah mereka terhadap Mu’tazilah dan Jahmiyyah
atas perkataan mereka : ‘Sesungguhnya Allah ‘azza wa jalla ada di setiap
tempat, dan tidak berada di atas ‘Arsy’. Dalil atas kebenaran apa yang
dikatakan oleh ahlul-haq (orang-orang yang menetapi kebenaran) terhadap
permasalahan tersebut adalah firman Allah ‘azza wa jalla : ‘(Yaitu) Tuhan Yang Maha Pemurah, Yang bersemayam di atas
'Arsy’ (QS. Thaha : 5), dan firman-Nya : ‘Kepada-Nya
lah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang saleh dinaikkan-Nya’
(QS. Faathir : 10), dan firman-Nya : ‘Sucikanlah nama Tuhanmu Yang Maha
Tinggi’ (QS. Al-A’laa : 1). Dan ini termasuk sifat Al-‘Ulluw....” [At-Tamhiid,
7/129-131 dengan peringkasan – melalui perantaraan kitab ‘Aqiidatu Al-Imaam
Ibni ‘Abdil-Barr fit-Tauhiid wal-Iimaan, oleh Sulaimaan bin Shaalih
Al-Ghushn, hal. 318; Daarul-‘Aashimah, Cet. 1/1416 H].
26. Ibnu
Qudaamah Al-Maqdisiy rahimahullah (w. 620 H).
فإن
الله تعالى وصف نفسه بالعلو في السماء ووصفه بذلك محمد خاتم الأنبياء، وأجمع على
ذلك جميع العلماء من الصحابة الأتقياء والأئمة من الفقهاء، وتواترت الأخبار بذلك
على وجه حصل به اليقين
“Sesungguhnya
Allah ta’ala telah mensifatkan diri-Nya dengan al-‘ulluw (ketinggian)
di atas langit, dan juga telah mensifatkan-Nya dengan hal itu Muhammad penutup
para Nabi. Seluruh ulama dari kalangan shahabat yang bertaqwa dan para imam kalangan
fiqahaa’ telah bersepakat tentang hal itu (ketinggian Allah di atas
langit). Dan telah mutawatir hadits-hadits yang berkenaan dengannya yang
menghasikan keyakinan...” [Itsbaatu Shifatil-‘Ulluw oleh Ibnu Qudaamah
Al-Maqdisiy, hal. 63, tahqiq : Dr. Ahmad bin ‘Athiyyah Al-Ghaamidiy; Maktabah
Al-‘Uluum wal-Hikam, Cet. 1/1409 H].
27. Abu ‘Abdillah Al-Qurthubiy rahimahullah
(w. 671 H).
أن
الله على عرشه كما أخبر في كتابه، وعلى لسان نبيه، بلا كيف، بائن من جميع خلقه هذا
جملة مذهب السلف الصالح فيما نقل عنهم الثقات
“Bahwasannya
‘Allah berada di atas ‘Arsy-Nya sebagaimana yang Ia khabarkan dalam kitab-Nya
dan melalui lisan Nabi-Nya, dan terpisah dari seluruh makhluk-Nya. Ini
merupakan perkataan madzhab as-salafush-shaalih yang dinukil oleh para
perawi tsiqaat dari mereka” [Al-Asnaa fii Syarh Al-Asmaail-Husnaa,
2/132 – melalui perantaraan muqaddimah muhaqqiq kitab Khalqu
Af’alil-‘Ibaad lil-Bukhaariy, 1/171; Daarul-Athlas, Cet. 1/1425 H].
Ketinggian
Allah di atas langit-langit-Nya adalah sesuatu yang sangat jelas dan sangat
mudah dipahami oleh generasi salaf. Bahkan budak wanita yang tidak terpelajar
pun paham, ketika ia ditanya : ‘Dimanakah Allah ?’, maka ia menjawab : ‘Di atas
langit’.
حدثنا
أبو جعفر محمد بن الصباح، وأبو بكر بن أبي شيبة (وتقاربا في لفظ الحديث) قالا:
حدثنا إسماعيل بن إبراهيم عن حجاج الصواف، عن يحيى بن أبي كثير، عن هلال بن أبي
ميمونة، عن عطاء بن يسار، عن معاوية بن الحكم السلمي؛ قال: ...... وكانت لي جارية
ترعى غنما لي قبل أحد والجوانية. فاطلعت ذات يوم فإذا الذيب [الذئب؟؟] قد ذهب بشاة
من غنمها. وأنا رجل من بني آدم. آسف كما يأسفون. لكني صككتها صكة. فأتيت رسول الله
صلى الله عليه وسلم فعظم ذلك علي. قلت: يا رسول الله! أفلا أعتقها؟ قال
"ائتني بها" فأتيته بها. فقال لها "أين الله؟" قالت: في
السماء. قال "من أنا؟" قالت: أنت رسول الله. قال "أعتقها. فإنها
مؤمنة".
Telah
menceritakan kepada kami Abu Ja’far Muhammad bin Ash-Shabbaah dan Abu Bakr
bin Abi Syaibah (yang keduanya berdekatan dalam lafadh hadits tersebut),
mereka berdua berkata : Telah menceritakan kepada kami Ismaa’iil bin Ibraahiim,
dari Hajjaaj Ash-Shawaaf, dari Yahyaa bin Abi Katsiir, dari Hilaal bin Abi
Maimuunah, dari ‘Athaa’ bin Yasaar, dari Mu’aawiyyah bin Al-Hakam As-Sulamiy,
ia berkata : “…..Aku mempunyai seorang budak wanita yang menggembalakan
kambingku ke arah gunung Uhud dan Jawwaaniyyah. Pada suatu hari aku
memantaunya, tiba-tiba ada seekor serigala yang membawa lari seekor kambing
yang digembalakan budakku itu. Aku sebagaimana manusia biasa pun marah
sebagaimana orang lain lain marah (melihat itu). Namun aku telah menamparnya,
lalu aku mendatangi Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam.
Beliau pun menganggap besar apa yang telah aku lakukan. Aku berkata : ‘Wahai
Rasulullah, apakah aku harus memerdekakannya ?’. Beliau menjawab : ‘Bawalah
budak wanita itu kepadaku’. Aku pun membawanya kepada beliau. Lalu beliau
bertanya kepada budak wanita itu : ‘Dimanakah Allah ?’. Ia menjawab :
‘Di langit’. Beliau bertanya lagi : ‘Siapakah aku ?’. Ia menjawab
: ‘Engkau adalah utusan Allah (Rasulullah)’. Beliau pun bersabda : ‘Bebaskanlah,
sesungguhnya ia seorang wanita beriman” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 537 –
lihat bahasannya di sini].
Begitu
juga dengan ‘Umar bin Al-Khaththaab radliyallaahu ‘anhu yang berisyarat
ke langit ketika berbicara tentang Allah ta’ala.
حدثنا
وكيع عن إسماعيل عن قيس قال : لما قدم عمر الشام استقبله الناس وهو على البعير
فقالوا : يا أمير المؤمنين لو ركبت برذونا يلقاك عظماء الناس ووجوههم ، فقال عمر :
لا أراكم ههنا ، إنما الامر من هنا - وأشار بيده إلى السماء
Telah
menceritakan kepada kami Wakii’, dari Ismaa’iil, dari Qais, ia berkata : Ketika
‘Umar baru datang dari Syaam, orang-orang menghadap kepadanya dimana ia waktu
itu masih di atas onta tunggangannya. Mereka berkata : “Wahai Amiirul-Mukminiin,
jika saja engkau mengendarai kuda tunggangan yang tegak, niscaya para pembesar
dan tokoh-tokoh masyarakat akan menemuimu”. Maka ‘Umar menjawab : “Tidakkah
kalian lihat, bahwasannya perintah itu datang dari sana ? – Dan ia
(‘Umar) berisyarat dengan tangannya ke langit” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi
Syaibah, 13/40; shahih].
Namun,
datanglah kemudian generasi yang tersibukkan dengan ilmu filsafat/kalam. Mereka
menolak pemahaman generasi salaf tentang keberadaan Allah di atas langit.
Mereka pun membuat aneka macam teori yang membingungkan. Jika kita mengatakan
Allah berada di atas langit ketujuh dan di atas ‘Arsy-Nya, maka – kata mereka -
itu sama saja Allah membutuhkan tempat. Lalu dengan lancangnya mereka kemudian
berfatwa untuk ‘melarang’ pelaziman perkataan : ‘Dimanakah Allah (ainallah)
?’. Ini adalah sebodoh-bodoh pemahaman. Abu Muhammad ‘Abdul-Ghaniy Al-Maqdisiy rahimahullah
(w. 600 H) berkata :
ومن
أجهل جهلا، وأسخف عقلا، وأضل سبيلا ممن يقول إنه لا يجوز أن يقول : أين الله، بعد
ما تصريح صاحب الشريعة بقوله [إين الله] ؟!.
“Dan
termasuk kebodohan yang paling bodoh, akal yang paling lemah, dan jalan yang
paling sesat adalah orang yang mengatakan tidak diperbolehkannya untuk berkata
: ‘Dimanakah Allah ?’, setelah adanya kejelasan dari shaahibusy-syarii’ah (yaitu
Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam) dengan sabdanya : ‘Dimanakah Allah
?” [Al-Iqtishaad fil-I’tiqaad oleh ‘Abdul-Ghaniy Al-Maqdisiy, hal. 89,
tahqiq : Dr. Ahmad bin ‘Athiyyah Al-Ghaamidiy; Maktabah Al-‘Uluum wal-Hikam,
Cet. 1/1414 H].
Seandainya
mereka (ahli kalam) ditanya : ‘Dimanakah Allah ?’, mereka akan menjawab :
‘Allah itu tidak di langit, tidak di bumi, tidak di atas, tidak di bawah, tidak
di dalam alam, tidak di luar alam.
Lantas
dimanakah sebenarnya Allah itu menurut mereka ?.
Dan
mereka (ahli kalam) mengatakan bahwa jika kita menetapkan bahwa Allah ta’ala
ada di atas, di atas langit, dan di atas ‘Arsy-Nya; maka itu sama saja
menyamakan Allah ta’ala dengan makhluk. Akhirnya, Ahlus-Sunnah mereka
gelari dengan gelaran-gelaran buruk seperti mujassim atau musyabbih.
Adz-Dzahabiy
rahimahullah (w. 748 H) berkata :
مقالة
السلف وأئمة السنة بل والصحابة والله ورسوله والمؤمنون، أن الله عز وجل في السماء،
وأن الله على العرش، وأن الله فوق سماواته، وأنه ينزل إلى السماء الدنيا، وحجتهم
على ذلك النصوص والآثار.
ومقالة
الجهمية: أن الله تبارك وتعالى في جميع الأمكنة، تعالى الله عن قولهم، بل هو معنا
أينما كنا بعلمه.
ومقال متأخري المتكلمين: أن الله تعالى ليس في السماء، ولا على العرش، ولا على السموات، ولا في الأرض، ولا داخل العالم، ولا خارج العالم، ولا هو بائن عن خلقه ولا متصل بهم! وقالوا: جميع هذه الأشياء صفات الأجسام والله تعالى منزه عن الجسم!
ومقال متأخري المتكلمين: أن الله تعالى ليس في السماء، ولا على العرش، ولا على السموات، ولا في الأرض، ولا داخل العالم، ولا خارج العالم، ولا هو بائن عن خلقه ولا متصل بهم! وقالوا: جميع هذه الأشياء صفات الأجسام والله تعالى منزه عن الجسم!
قال
لهم أهل السنة والأثر: نحن لا نخوض في ذلك، ونقول ما ذكرناه اتباعا للنصوص، وإن
زعمتم... ولا نقول بقولكم، فإن هذه السلوب نعوت المعدوم، تعالى الله جل جلاله عن
العدم، بل هو موجود متميز عن خلقه، موصوف بما وصف به نفسه، من أنه فوق العرش بلا
كيف.
“Perkataan
salaf dan para imam sunnah, bahkan para shahabat, Allah, Rasul-Nya, dan
orang-orang yang beriman : Bahwasannya Allah ‘azza wa jalla di langit.
Dan bahwasannya Allah berada di atas ‘Arsy, di atas langit-langit-Nya. Ia turun
ke langit dunia. Hujjah mereka atas hal itu adalah nash-nash dan atsar-atsar.
Adapun
perkataan Jahmiyyah : Allah tabaaraka wa ta’ala ada di seluruh tempat.
Maha Tinggi Allah dari perkataan mereka itu. Namun, Allah bersama kita di mana
saja kita berada dengan ilmu-Nya.
Dan
perkataan ahli kalam kontemporer : Allah ta’ala tidak
di langit, tidak di atas ‘Arsy, tidak di atas langit-langit-(Nya), tidak di
bumi, tidak berada di dalam alam, tidak di luar alam, tidak terpisah dari
makhluk-Nya, dan tidak pula melekat dengannya !. Mereka (ahli kalam) berkata :
‘Semua hal ini merupakan sifat jism (tubuh), dan Allah ta’ala
suci dari sifat jism (tubuh)’.[2]
Orang-orang
yang berpegang pada sunnah dan atsar (Ahlus-Sunnah wal-Atsar) berkata
kepada mereka : ‘Kami tidak akan berlarut-larut dalam hal itu. Kami mengatakan
apa yang telah kami sebutkan tentangnya, yaitu mengikuti nash-nash. Dan
seandainya kalian menyangkakan sesuatu, .... maka kami tidak akan berkata
dengan perkataan kalian, karena pernyataan-pernyataan tersebut adalah
sifat-sifat bagi sesuatu yang tidak ada (ma’duum). Maha Tinggi Allah
jalla jalaaluhu dari ketiadaan. Bahkan Ia ada (maujuud) lagi
terpisah dari makhluk-Nya. Allah disifati dengan apa-apa yang Ia sifatkan
dengannya bagi diri-Nya, bahwasannya Ia di atas ‘Arsy tanpa perlu ditanyakan
‘bagaimana’” [Al-‘Ulluw lil-‘Aliyyil-Ghaffaar oleh Adz-Dzahabiy, hal.
107, tashhiih : ‘Abdurrahmaan bin Muhammad ‘Utsmaan; Al-Maktabah As-Salafiyyah,
Cet. 2/1388 H].
Adapun
tentang tuduhan tasybiih, Syaikhul-Islaam Ibnu Taimiyyah rahimahullah
menjelaskan :
والمقصود
هنا أن أهل السنة متفقون على أن الله ليس كمثله شيء, لا في ذاته ولا في صفاته ولا
في أفعاله, ولكن لفظ التشبيه في كلام الناس لفظ مجمل, فإن أراد بنفي التشبيه ما
نفاه القرآن, ودل عليه العقل فهذا حق, فإن خصائص الرب تعالى لا يماثله شيء من
المخلوقات في شيء من صفاته....., وإن أراد بالتشبيه أنه لا يثبت لله شيء من
الصفات, فلا يقال له علم, ولا قدرة ولا حياة, لأن العبد موصوف بهذه الصفات فيلزم
أن لا يقال له: حي, عليم, قدير لأن العبد يسمى بهذه الأسماء, وكذلك في كلامه وسمعه
وبصره ورؤيته وغير ذلك......
“Dan
yang dimaksud di sini, Ahlus-Sunnah sepakat bahwa tidak ada sesuatupun yang
serupa dengan Allah. Tidak dalam Dzaat-Nya, sifat-Nya, ataupun
perbuatan-perbuatan-Nya. Akan tetapi lafadh tasybiih dalam perkataan
manusia adalah lafadh yang mujmal. Apabila yang diinginkan dengan
penafikan tasybiih adalah apa-apa yang dinafikkan Al-Qur’an dan
ditunjukkan oleh akal (sehat), maka ini benar. Hal ini dikarenakan
kekhususan-kekhususan Rabb ta’ala tidaklah disamai sesuatupun dari
makhluk-makhluk,.... Dan apabila yang diinginkan dengan tasybiih tersebut
bahwa tidak ada satu pun sifat yang boleh ditetapkan untuk Allah, sehingga
tidak boleh dikatakan pada-Nya ilmu, qudrah, dan hidup, karena hamba
juga disifati dengan sifat-sifat ini; maka ia mengkonsekuenskan tidak boleh
dikatakan pada-Nya : Yang Maha Hidup, Yang Maha Mengetahui, dan Maha Berkuasa,
karena hamba juga dinamai dengan nama-nama ini. Begitu juga halnya dengan
firman-Nya, pendengaran-Nya, pengelihatan-Nya, ru’yah-Nya, dan yang
lainnya.....” [Minhajus-Sunnah, melalui perantaraan Mukhtashar Al-‘Ulluw
lidz-Dzahabiy oleh Al-Albaaniy, hal. 68; Al-Maktab Al-Islaamiy, Cet. 2/1412
H].
Tasybih
menurut
pemahaman Ahlus-Sunnah tidaklah seperti yang mereka sangka.
وقَالَ
إِسْحَاق بْنُ إِبْرَاهِيمَ: إِنَّمَا يَكُونُ التَّشْبِيهُ إِذَا قَالَ: يَدٌ
كَيَدٍ أَوْ مِثْلُ يَدٍ أَوْ سَمْعٌ كَسَمْعٍ أَوْ مِثْلُ سَمْعٍ، فَإِذَا قَالَ:
سَمْعٌ كَسَمْعٍ أَوْ مِثْلُ سَمْعٍ فَهَذَا التَّشْبِيهُ، وَأَمَّا إِذَا قَالَ:
كَمَا قَالَ اللَّهُ تَعَالَى: " يَدٌ وَسَمْعٌ وَبَصَرٌ " وَلَا
يَقُولُ كَيْفَ، وَلَا يَقُولُ مِثْلُ سَمْعٍ وَلَا كَسَمْعٍ، فَهَذَا لَا يَكُونُ
تَشْبِيهًا، وَهُوَ كَمَا قَالَ اللَّهُ تَعَالَى فِي كِتَابهِ: لَيْسَ كَمِثْلِهِ
شَيْءٌ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ
Dan
Ishaaq bin Rahawaih berkata : “Tasybih itu hanya terjadi ketika
seseorang itu mengatakan : ‘Tangan (Allah) seperti tangan (makhluk),
pendengaran (Allah) seperti pendengaran (makhluk)”. Jika ia berkata :
‘Pendengaran (Allah) seperti pendengaran (makhluk)’, maka inilah yang dinamakan
tasybih (penyerupaan). Adapun jika seseorang mengatakan seperti
firman Allah : ’Tangan, pendengaran, penglihatan’ , kemudian ia tidak
mengatakan : ’bagaimana’ dan tidak pula mengatakan ’seperti’ pendengaran
makhluk; maka itu tidak termasuk tasybih. Dan itu sebagaimana firman
Allah ta’ala : ‘Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan
Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat (QS. Asy-Syuuraa : 11)”
[Sunan At-Tirmidziy, 2/43, tahqiq : Basyaar ‘Awwaad Ma’ruuf;
Daarul-Gharb Al-Islaamiy, Cet. 1/1996 M].
Abu
‘Utsmaan Ash-Shaabuuniy rahimahullah berkata :
ولا
يحرفون الكلام عن مواضعه، بحمل اليدين على النعمتين، أو القوتين؛ تحريف المعتزلة
والجهمية – أهلكهم الله-، ولا يكيفونهما بكيف، أو يشبهونهما بأيدي المخلوقين،
تشبيه المشبهة –خذلهم الله-
“Dan
tidak mentahrif (merubah) perkataan dari tempatnya, (seperti misal) dengan
membawa makna ‘dua tangan’ pada makna ‘dua nikmat’ atau ‘dua kekuatan’
sebagaimana tahrif kelompok Mu’tazilah dan Jahmiyyah – semoga Allah
membinasakan mereka - . Tidak pula men-takyif-nya dengan (pertanyaan)
‘bagaimana’, atau men-tasybih-nya dengan tangan kedua makhluk seperti
tasybih-nya kelompok Musyabbihah – semoga Allah tidak memberi
pertolongan kepada mereka – “ [Aqiidatus-Salaf wa Ashhaabil-Hadiits,
hal. 37].
Adz-Dzahabiy
rahimahullah berkata :
ليس
يلزم من إثبات صفاته شيء من إثبات التشبيه والتجسيم، فإن التشبيه إنما يقال: يدٌ
كيدنا ... وأما إذا قيل: يد لا تشبه الأيدي، كما أنّ ذاته لا تشبه الذوات، وسمعه
لا يشبه الأسماع، وبصره لا يشبه الأبصار ولا فرق بين الجمع، فإن ذلك تنزيه
“Tidaklah
penetapan sifat-sifat-Nya mengkonsekuensikan adanya penetapan tasybiih dan
tajsiim, karena tasybiih itu hanyalah jika dikatakan : ‘tangan
seperti tanganku’...... Adapun jika dikatakan : ‘tangan namun
tidak menyerupai tanganku’, sebagaimana Dzaat-Nya tidak menyerupai dzat-dzat
makhluk, pendengaran-Nya tidak menyerupai pendengaran-pendengaran makhluk, dan
penglihatan tidak menyerupai penglihatan-penglihatan makhluk, maka itulah yang
disebut tanziih” [Al-Arba’iin min Shifaati Rabbil-‘Aalamiin oleh
Adz-Dzahabiy, hal. 104, tahqiq : ‘Abdul-Qaadir ‘Athaa’; Maktabah Al-‘Uluum
wal-Hikam, Cet. 1/1413 H].
Ibnu
‘Abdil-Barr rahimahullah berkata :
ومُحالٌ
أن يكون مَن قال عن اللهِ ما هو في كتابه منصوصٌ مُشبهًا إذا لم يُكيّف شيئا،
وأقرّ أنه ليس كمثله شيء
“Dan
tidaklah mungkin terjadi pada orang yang berbicara tentang Allah sesuatu yang
ternashkan dalam kitab-Nya disebut sebagai musyabbih, ketika ia tidak
men-takyif-nya sedikitpun dan mengatakan tidak ada sesuatupun yang
serupa dengan-Nya” [Al-Istidzkaar oleh Ibnu ‘Abdil-Barr, 8/150, tahqiq :
Dr. ‘Abdul-Mu’thiy Al-Qal’ajiy; Daar Qutaibah, Cet. 1/1414 H].
Kembali
ke bahasan, penetapan bahwa Allah dengan Dzat-Nya mempunyai sifat ketinggian di
atas semua makhluk-Nya itu tidaklah mengkonsekuensikan tasybiih hanya
karena ada sebagian kesamaan bahwa sifat tinggi juga dimiliki oleh makhluk-Nya.
Hanya saja, ketinggian Allah adalah ketinggian yang sempurna yang tidak ada
sesuatu pun yang menyamainya.
Wallaahu
a’lam.
[abul-jauzaa’
– senayan, jakarta – 1432 H].
Abu Al-Jauzaa' :, 28 Oktober 2011
[2] Jika Anda
perhatikan, apa yang dikatakan Adz-Dzahabiy tentang ahli kalam ini merupakan
realitas perkataan Asyaa’irah. Lebih-lebih, ketika mereka membantah
Ahlus-Sunnah yang mereka sebut dengan Wahabiy !.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar